Orasi Ilmiah Pada Yudisium Fakultas Syariah

Seberapa dalam kita meyakini dan mengamalkan rasa nasionalisme dalam diri?

Pertanyaan ini hadir saat penyampaian orasi  ilmiah dengan tema “Membangun Institusi Lokal Dalam Menghidupkan Hukum Rakyat Sebagai Wujud Nasionalisme Bangsa”  oleh Dr. Bq. Ratna Mulhimah MH, dalam acara Yudisium Fakultas Syariah pada hari Selasa, 25 Oktober 2022 di auditorium kampus II UIN Mataram.

Selain itu yang bersangkutan juga menyampaikan bahwa tidaklah mudah untuk mewujudkan sikap nasionalisme di tengah keberagaman. Hal ini baru dapat terwujud apabila keberagaman/perbedaan justru kita jadikan sebagai kekuatan perekat persatuan. Dalam kesimpulan orasi ilmiahnya Dr. Ratna mengutarakan bahwa keberadaan institusi lokal/lembaga adat bersama aturan hukum yang dimilikinya harus dimaksimalkan, sehingga dapat menjadi bagian dari kekuatan nasional dan sekaligus juga sebagai perekat persatuan bangsa.

Rektor / Prof. Masnun Tahir menyampaikan pesan kepada peserta yudisium Fakultas Syariah UIN Mataram

Pada kesempatan yang sama, Rektor, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag yang berkesempatan hadir memberikan pesan kepada para peserta yudisium untuk dapat menjaga nama baik lembaga, memelihara silaturrahim, dan mampu mengimplementasikan ilmu yang di dapat ketika kuliah sewaktu terjun di masyarakat nantinya.

Yudisium ini sendiri menetapkan dan mengesahkan sejumlah 116 peserta, dimana 63 orang dari program studi HES, 43 orang HKI, dan 10 orang dari prodi ilmu falak. Sedangkan capaian IPK tertinggi adalah 3,84, diraih oleh Muhammad Haikal Rivaldi (ilmu falak) dengan predikat cum laude.

Selamat kepada para peserta yudisium yang telah berhak menyandang gelar sarjana hukum, semoga orasi ilmiah dan pesan yang disampaikan pimpinan lembaga dapat dijalankan dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top