Ruang Dekan hari itu terlihat ramai, selain para pejabat dari Fakultas Syariah juga terdapat wajah para pejabat Fakultas Ushuludin dan Studi Agama, selain itu nampak pula beberapa wajah asing terlihat di sana. Sesekali terdengar tawa riuh seiring dengan joke segar yang dikeluarkan oleh Prof. Masnun selaku Wakil Rektor I UIN Mataram.

Ada apakah gerangan?

Alhamdulillah wa Syukurillah padahari Kamis tanggal 2 Mei 2019, Fakultas Syariah UIN Mataram kedatangan rombongan tamu yang berasal dari Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim (Malang).. Kedatangan mereka diwakili oleh Dr. Saifullah, S.H., M.Hum selaku Dekan Fakultas Syariah, Dr. Badrudin, M.HI selaku Wakil Dekan I, Dr Suwandi, M.H selaku Wakil Dekan III, Dr. Fakhruddin, M.HI selaku Kajur Hukum Bisnis Syariah, Dr. Nasrulloh, M,TH.I Kajur Ilmu Al-Quran dan Tafsir, serta Ali Hamdan., Ph.D selaku sekretaris jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Adapun maksud dan tujuan kedatangan tersebut adalah dalam rangka studi banding terkait dengan rencana mereka untuk mendirikan Fakultas Ushuludin di UIN Malang. Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat dan bersahabat tersebut dibahas mengenai sejarah pendirian Fakultas Ushuludin di UIN Mataram, syarat-syarat pendiriannya, serta material yang dipersiapkan untuk keberhasilan berdirinya Fakultas Ushuludin UIN Mataram.

Dipilihnya Fakultas Syariah UIN Mataram sebagai tempat studi banding karena mempunyai kesamaan dalam aspek dasar pendirian. Sejarah pendirian Fakultas Ushuludin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram berawal dari penggabungan dua jurusan dari dua Fakultas berbeda, yakni jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir dari Fakultas Syariah dan jurusan Pemikiran Politik Islam dari Fakultas Dakwah UIN Mataram. Adapun Fakultas Ushuludin UIN Malang rencananya akan didirikan dari salah satu jurusan Fakultas Syariah UIN Malang.

Semoga dengan hasil studi banding dan berbagi pengalaman ini memberikan gambaran serta konsep yang jelas guna mempermudah jalan dalam pendirian Fakultas Ushuludin di UIN Malang, dan pertemuan jajaran pejabat  dari dua lembaga berbeda ini dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar Fakultas dan Universitas kedepannya. Aamiin Yaa Robb.