Sabtu pagi tanggal 5 April 2019, langit biru menandakan cuaca cerah ceria dan mempesona, sejumlah 60 orang tenaga pendidik yang terdiri dari dosen PNS, dosen tetap non PNS, dosen luar biasa serta calon dosen berkumpul di sebuah hotel. Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen Fakultas Syariah Melalui Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester, itulah tajuk kegiatan hari ini.

Dalam laporannya, Dr. H. Musawar selaku Dekan sekaligus penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mencapai kesempurnaan dalam pelaksanaan proses pengajaran, dimana proses itu sendiri dari 5 (lima) unsur yaitu: Pengajar, Media, Materi, Metode dan Evaluasi.

Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawali melalui sambutannya berharap terjadi peningkatan kwalitas tenaga pendidik yang ada di Fakultas Syariah, Rektor memotivasi para dosen yang sedang menempuh pendidikan lanjutan, untuk segera menyelesaikan studinya. Terkait dengan tema kegiatan, Prof. Mutawali mengharapkan kepada tenaga pendidik untuk mencari cara agar mahasiswa mudah menerima dan memahami pelajaran yang diberikan.

Sedangkan menurut Wakil Rektor 1, pelaksanaan workshop ini diperlukan untuk meningkatkan keshalehan administratif dan akademik guna meningkatkan kwalitas fakultas. Masih menurut beliau, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berfungsi sebagai guidance (petunjuk/pedoman) dalam pelaksanaan dalam kegiatan mengajar agar terlaksana dengan baik, dan juga sebagai bahan evaluasi sejauh mana mata kuliah disampaikan dan dapat diserap oleh mahasiswa/i.

Semoga ikhtiar berbuah manis dan mencapai hasil yang diinginkan. Aamiin yaa Robb