Hari masih pagi, nampak ratusan orang berseragam putih gelap berbaris dengan rapi di halaman parkir kampus 1 (satu) UIN Mataram. Pada wajah mereka terlihat jelas  raut bahagia, senyum sumringah dan merekah.  Suasana puasa sama sekali tidak terlihat, walaupun panas pagi lumayan menyengat. Masing-masing dari mereka menenteng sebuah map.

Ya hari ini, Rabu tanggal 15 Mei 2018, sejumlah 111 dari 117 orang yang lulus dalam tes penerimaan PNS mengikuti upacara serah terima Surat Keputusan mereka sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sedangkan 6 (enam) orang dari mereka harus bersabar karena ada kendala tekhnis sehingga menyebabkan SK CPNS mereka belum terbit.

Sebuah kebanggan tersendiri bagi Fakultas Syariah, karena di antara mereka yang menerima SK, terdapat 17 orang calon dosen yang akan mengabdi di Fakultas Syariah.

Menurut Rektor UIN Mataram dalam sambutannya, penerimaan ini adalah yang terbanyak dalam sejarah, semenjak berdirinya lembaga. Pada kesempatan yang sama, Prof. Mutawali juga memberikan beberapa arahan diantaranya adalah, para CPNS tidak boleh terlalu bergembira lebih dahulu, karena ini baru merupakan tahap awal/ masa percobaan. Beliau juga mewanti-wanti agar jangan sampai di antara mereka yang mendapatkan SK ini ada ditemukan pribadi yang menganut faham radikal, karena seorang CPNS Kementerian Agama haruslah berjiwa Pancasila dan memiliki pandangan yang moderat. Namun apabila ternyata ada yang menganut faham radikal tersebut, rektor tidak akan segan untuk mencabut SK yang bersangkutan.

Semoga mereka yang diterima ini mampu memaknai apa yang didapatkannya sebagai hadiah terindah di bulan penuh berkah, sehingga mampu memotivasi mereka untuk bekerja dengan tekun, menerapkan 5 (lima) Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama dengan baik, guna membantu lembaga mencapai Visi dan Misinya. Aamiin Yaa Robb