WHEN MONDAY BECAME A HAPPY DAY

I Don’t Like Monday!  Kalimat ini acapkali kita jumpai ketika  berada di penghujung hari Minggu atau di hari Senin pagi. Hal ini dikarenakan masa libur yang berakhir dan keharusan untuk kembali menjalani rutinitas.

Namun Alhamdulillah wa Syukurillah, ini tidak berlaku di civitas akademika Fakultas Syariah UIN Mataram pada hari Senin tanggal 14 Janurai 2019. Pasalnya di hari tersebut kami mendapatkan berita gembira, salah seorang dosen berhasil menyelesaikan ujian terbuka dalam rangka memenuhi prasyarat  gelar Doktor yang akan disandangnya.

Dr. Baiq Ratna Mulhimmah, S.Ag., MH, demikian nama lengkap yang bersangkutan. Ibu 5 anak ini berhasil  menjadi lulusan Doktor ke- 385 di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya setelah menyelesaikan ujian disertasi berjudul  “Perlindungan Hukum Terhadap Masyarakat Adat Atas Hak Ekspresi Budaya Tradisional Persfektif Maqosid Al Syari’ah”   dengan predikat Cumlaude. .

Dengan prestasi yang dihasilkan wanita kelahiran Lombok Tengah ini, berarti sekarang Fakuktas Syariah UIN Mataram telah memiliki 2 orang Profesor (Guru Besar) dan 14 Doktor dari total 37 Dosen yang ada. Sungguh capaian yang menggembirakan.

Semoga asa menjadi nyata, Fakultas Syariah UIN Mataram  dapat mencapai segala cita dengan segera.

Aamin Yaa Robb.

 

Pekan Ilmiah Seni dan Olah Raga (PISOR) 2018 FAKULTAS SYARIAH UIN MATARAM

Salah satu cara untuk memfasilitasi sekaligus menjaring minat dan bakat mahasiswa/i adalah dengan cara mengadakan kegiatan yang terkait dengan hal tersebut. Oleh karena itulah Lembaga bekerja sama dengan Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM) Fakultas Syariah membuat kegiatan bertajuk Pekan Ilmiah Seni dan Olahraga.

Demikian yang dilaporkan oleh Dr. Jumarim, M.HI  selaku Ketua Panitia ketika pembukaan kegiatan tersebut. Dalam laporannya, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Syariah ini menyampaikan bahwa acara yang berlangsung mulai tanggal 07 sampai 13 Desember 2018 ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari 3 jurusan, dalam 13 mata lomba yang berbeda.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Prof. Dr. Mutawali, M.Ag selaku Rektor UIN menyampaikan acara semacam ini seyogyanya harus rutin dilaksanakan, karena selain untuk pemetaan bakat, juga diharapkan acara ini mampu menjadi ajang silaturrahim dalam rangka memperkuat ukhuwah di lembaga UIN Mataram tercinta.

Akhirnya pada penutupan acara, Jurusan AS berhasil mencapai predikat juara umum. Semoga bakat-bakat ini dapat membantu meningkatkan kapasitas lembaga dan mampu mengharumkan nama lembaga. Aamiin Yaa Rabb.

Untuk melihat hebohnya kegiatan ini, silahkan klik link ini dan ini

BKM Fakultas Syariah UIN Mataram Peduli Bencana

Rabu 26 Desember 2018, hari masih pagi ketika terlihat beberapa mahasiswa menghampiri rekan-rekannya dengan membawa sebuah kardus. Setelah melihat tulisan yang tertera di depan kardus, mahasiswa/i tersebut tak sungkan untuk merogoh koceknya.

Aksi penggalangan dana untuk korban bencana tsunami di Provinsi Banten dan Lampung, itulah kegiatan yang dilalukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam unsur Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM)  Fakultas Syariah UIN Mataram, dimana BKM ini terdiri dari Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Menurut Wawan (salah seorang aktivis BKM Fakultas Syariah), selain di kampus, aksi serupa juga mereka lakukan di beberapa lokasi stategis yang ada di Kota Mataram.

Salut dan apresiasi yang tinggi untuk mereka. Di tengah kondisi Pulau Lombok yang sedang berusaha untuk bangkit, mereka masih memikirkan saudaranya yang ada di provinsi lain.

Semoga apa yang mereka lakukan tercatat sebagai amal kebaikan, dan kita mampu meneladani mereka yang perduli terhadap sesama. Aamiin Yaa Robb

Jum’at Berkah Untuk Fakultas Syariah

Hari Jum’at tanggal 21 Desember 2018, berkah di dapatkan oleh Fakultas Syariah. Pada hari tersebut, salah satu tenaga pendidik kami yang bernama Arino Beni Sado  berhasil lulus dalam pelaksanaan ujian terbuka pada Program Pasca Sarjana tingkat Doktoral (S3) Bidang Studi Islam dengan konsentrasi Ilmu Falak di UIN Wali Songo Semarang.

Pria kelahiran tahun 1975 ini berhasil lulus ujian terbuka dengan mengangkat judul disertasi “Kecerlangan Sebagai Kriteria Fisis Terlihatnya Hilal dan Implementasinya Pada Hisab Rukyat” dan mendapatkan predikat sangat memuaskan, setelah sebelumnya melakukan ujian tertutup pada hari Rabu tanggal 3 Oktober 2018.

Selamat kepada Bapak Dr. Arino Beni Sado, S.Ag., MH, semoga ilmu yang di dapatkan bermanfaat dan dapat menjadi penunjang untuk semakin meningkatnya kwalitas civitas akademika Fakultas Syartiah UIN Mataram.

 

 

 

 

PELAKSANAAN UAS SEMESTER GANJIL TA. 2018-2019

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.

Berikut ini kami sampaikan informasi pelaksanaan UAS Semester Ganjil TA. 2018/2019.

Silahkan unduh di   Informasi Pelaksanaan UAS  untuk keterangan lebih lengkap.

 

Best Regard

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.

 

Kabar Gembira Bagi Mahasiswa/i Fakultas Syariah UIN Mataram

Assalamu’alaikum.Wr.Wb

Berikut ini kami sampaikan blanko/form:

Bagi mahasiswa/i yang membutuhkan surat-surat tersebut silahkan mengikuti alur sebagai berikut:

  1. Mahasiswa/i mengunduh form yang dibutuhkan melalui link yang tersedia
  2. Mahasiswa/i mengisi form yang telah di unduh
  3. Mahasiswa/i mencetak form tersebut dan kemudian menyerahkan ke sub bagian umum untuk mendapatkan nomor surat (berlaku untuk Surat Keterangan Aktif Kuliah, Surat Keterangan Aktif Kuliah Untuk Gaji, Surat Izin Penelitian, Surat Permohonan Cuti) dengan melampirkan foto copy slip pembayaran SPP semester berjalan.
  4. Mahasiswa/i mengantarkan surat yang telah diberi nomor ke sub bagian akademik untuk ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.

Demikian untuk diindahkan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

“Best Regard”

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa PKL TA. 2018/2019

Laporan Ketua Panitia

Selasa 22 Oktober 2018, ada yang berbeda di halaman parkir Fakultas Syariah UIN Mataram. 190 mahasiswa/i berkumpul untuk mengikuti pembekalan sekaligus pelepasan Praktek Kerja Lapangan.

Dr. Khaerul Hamim selaku ketua panitia menyampaikan bahwa para mahasiswa/i tersebut akan disebar pada beberapa lembaga pemerintah maupun swasta, dengan jumlah mencapai lebih dari 33 lembaga yang ada di Kota Mataram.

Pembekalan dan Pelepasan Oleh Dekan FS

Ditempat yang sama dalam sesi pembekalan, Dr. H. Musawar selaku Dekan mengamanahkan kepada  mahasiswa/i, bahwa selama menjalani kegiatan PKL ini mereka harus dapat mengembangkan dan menjalankan 3 (tiga) keahlian/ skill  agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Adapun tiga skill tersebut adalah: kemampuan berkomunikasi dengan baik, kemampuan mencatat dan mengerjakan apa yang ditugaskan, dan kemampuan membaca situasi lingkungan kerja sehingga mahasiswa/i mampu beradaptasi dengan baik.

Dekan menggarisbawahi, apabila hal-hal tersebut dapat dipenuhi, bukan tidak mungkin lembaga tempat mahasiswa/i tersebut ditugaskan berkenan menerima mereka bekerja secara utuh.

Semoga kegiatan PKL ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi para mahasiswa/i

*Untuk melihat video kegiatan pembekalan dan pelepasan PKL silahkan klik link ini.*